KONSEP KEBIDANAN KOMPLEMENTER



SEJARAH PELAYANAN KOMPLEMENTER

Terapi komplementer (complementary therapies) adala semua terapi yang digunakan sebagai tambahan untuk terapi konvensional yang direkommendasikan oleh penyelenggaraan pelayanan kesehatan individu. Komplementer berarti pelengkap bagi terapi konveesional yang ada dan telah terbukti bermanfaat.

Pengobatan alopatik (pengobatan tradisional Eropa) telah berhasil, tetapi masih banyak kondisi seperti arthritis, nyeri punggung kronis, masalah gastrointestinal, alergi, sakit kepala, dan insomnia yang sulit diobati dan banyak klien mengggali metode alternatif untuk mengurangi gejala sakit kepala.



KONSEP KEILMUAN PELAYANAN KOMPLEMENTER
Jenis-jenis komplementer
1. Akupuntur

Metode tradisonal china yang menghasilkan analgesi atau perubahan fungsi sistem tubuh dengan cara memasukkan jarum tipis di sepanjang rangkaian garis atau jalur yang disebut meridian. Manipulasi jarum langsung pada meridian energi akan mempenggaruhi organ internal dalam dengan penglihatan qi (shi).

2. Ayurveda

Pengobatan tradisional hindu yang digunakan di india sejak abad pertama. Suatu kombinasi obat seperti herbal, obat pencahar dan minyak gosok untuk mengobati penyakit.

3. Pengobatan Homeopatik

Pengobatan medis didasari pada teori bahwa penyakit tertentu dapat diobati dengan memberikan dosis kecil substansi yang pada individu sehat akan menghasilkan gejala seperti penyakit. Substansi yang dianjurkan tersebut adalah obat yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan alami, hewani, atau substansi mineral

4. Praktik Amerika Latin

Sistem medis curanderismo, di mana memasuki suatu model hhumonal untuk mengklarifikasikan makanan, aktifitas, obat-obatan, dan penyakit serta rangkaian penyakit masyarakat.

5. Praktik Amerika Asli

Termasuk terap keringat dan pembersihan, obat-obatab herbal, dukun sihir (dukun membuat hubungan dengan roh untuk menanyakan petunjuk dalam memberikan pengobatan kepada individu).

6. Pengobatan Naturopatik

Sistem terapeutik didasarkan pada makanan alami, cahaya, kehangatan, pijatan, air segar, olahraga teratur dan menghindari pengobatan. Mengenali kemampuan penyembuhan alami tubuh. Pengobatan menggabungkan terapi tradisional alami dengan ilmu pengetahuan diagnostik terkini termasuk pengobatan botanikal (tumbuh-tumbuhan).

7. Pengobatan Tradisional China

Kumpulan teknik dan metode sitematik termasuk akupuntur, pengobatan herbal, pijatan, akupresur, muxibistion (menggunakan panas dari herbal yang dibakar).

8. Diet Makrobiotik

Diutamakan diet vegetarian (tidak ada produk hewan kecuali ikan). Awalnya digunakan dalam manajemen berbagai kanker. Penekanan pada semua biji-bijian padi, sayur-sayuran, dan makanan yang tidak diawetkan.

9. Akupresur

Teknik terapeutik mempergunakan tekanan digital dalam cara tertentu pada titik yang dibuat pada tubuh untuk mengurangi rasa nyeri, menghasilkan analgesia, atau mengatur funggsi tubuh.

10. Pengobatan Kiropraktik

Sistem terapi yang melibatkan manipulasi kolumni spinalis dan memasukan fisoterapi dan terapii diet.

11. Tai Chi

Teknik yang menggabungkan pernapasan, gerakan, dan meditasi untuk membersihkan, memperkuat dan sirkulasi energi dan darah kehidupan yang penting. Terapi merangsang sistem imun dan mempertahankan keseimbangan internal dan eksternal.

12. Terapi Pernapasan

Menggunakan segala jenis pola pernapasan untuk merelaksasi, memperkuat atau membuka jalur emosional.

13. Terapi Musik

Menggunakan musik untuk menunjukan kebutuhan fisik, psikologis, kognitif, dan sosial individu yang menderita cacat dan penyakit. Terapi memperbaiki gerakan dan atau komunikasi fisik, mengembangkan ekspresi emosional, memperbaiki ingatan dan mengalihkan rasa nyeri.

14. Yoga

Teknik untuk berfokus pada susunan otot, postur, mekanisme pernapasan, dan kesadaran tubuh. Tujuan yoga adalah memperoleh kesejahteraan mental dan fisik melalui pencapaian kesempurnaan tubuh dengan olahraga, mempertahankan postur tubuh, pernapasan yang benar dan meditasi.

15. Terapi Reiki

Terapi yang berasal dari praktik Buddha kuno di mana praktisi menempatkan tangannya pada atau di atas bagian tubuh dan memindahkan “energi kehidupan semesta” kepada klien. Energi ini memberikan kekuatan.

16. Imajinasi Terbimbing

Teknik terapeutik untuk mengobati kondisi patologis dengan berkonsentrasi pada imajinasi atau serangkaian gambar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PENDOKUMENTASIAN SOAPIER

GIZI PADA IBU NIFAS