MASALAH KESEHATAN IBU HAMIL


Masalah kesehatan ??Masalah kesehatan adalah masalah yang kompleks yang merupakan hasil dari berbagai masalah lingkungan yang bersifat alamiah maupun buatan manusia. Datangnya penyakit merupakan hal yang tidak bisa dihindari, meskipun kadang bisa dicegah.

1.1. Keluhan ataupun gangguan yang perlu diwaspadai ketika masa kehamilan 

a. Hipertensi
Hipertensi merupakan salah satu masalah medis yang kerap kali muncul selama kehamilan dan dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan. Hipertensi pada kehamilan dapat menyebabkan rasa sakit pada ibu (termasuk kejang eklamsia, pendarahan otak, adanya cairan didalam paru, gagal ginjal akut, dan penggumpalan atau pengentalan darah didalam pembuluh darah) serta menyebabkan rasa sakit pada janin.

b. Diabetes
Diabetes kehamilan beresiko menimbulkan komplikasi kehamilan yang menimbulkan resiko pada ibu hamil dan bayinya. Resiko komplikasi untuk ibu hamil mencakup hipertensi kehamilan, edema (pembengkakan), cairan ketuban terlalu banyak, melahirkan bayi lebih besar dari ukuran normal (makrosomia), persalinan prematur. Potensi untuk bayinya termasuk penyakit kuning, gula darah rendah dan kesulitan bernafas saat lahir.

Bayi yang ibunya terkena diabetes kehamilan cenderung memiliki berat badan besar karena bayi harus membuat insulin ekstra untuk mengontrol gula darah yang tinggi sehingga cadangan lemak dan jaringannya besar.

c. Overwight dan underweight
Ibu hamil disarankan untuk mengatur berat badan agar tetap berada pada kondisi ideal dan tetap menjaga pola makan dengan gizi cukup dan seimbang. Peningkatan berat badan di trimester pertama memang relative sedikit tidak naik atau bahkan berkurang karena muntah-muntah. Kenaikan total berat badan selama kehamilan berkisar 12-15 kg.

d. Anemia 

Anemia merupakan suatu keadaan dimana jumlah eritrosit yang beredar atau konsentrasi hemoglobin menurun. Sebagai akibat, ada penurunan transportasi oksigen dari paru-paru ke jaringan perifer. Selama kehamilan, anemia lazim terjadi dan biasanya disebabkan oleh difesiensi besi, sekunder terhadap kehilangan darah sebelumnya atau asupan besi yang tidak jarang kuat. Anemia dalam kehamilan yang disebabkan karena kekurangan zat besi, jenis pengobatannya relatif mudah, bahkan murah. Anemia diindikasikan bila Hb kurang 12 g/dl pada wanita yang tidak hamil atau kurang dari 10 g/dl pada wanita hamil.

Gejala-gejala anemia pada ibu hamil : ibu mengeluh cepat lelah, sering pusing, mata berkunang-kunang, malaise, lidah luka, nafsu makan turun, konsentrasi hilang, nafas pendek dan keluhan mual muntah lebih hebat pada hamil mudah.


1.2. Kematian ibu hamil
a. Penyebab kematian ibu hamil
Umumnya penyebab kematian ibu dikelompokkan dalam 3 kelompok besar (langsung, tidak langsung dan campuran).

Langsung adalah kematian yang disebabkan oleh penyakit atau komplikasi selama kehamilan. Tidak langsung adalah kematian yang disebabkan oleh penyakit yang mungkin terjadi sebelum kehamilan tetapi diperburuk oleh kehamilan (jantung, anemia, hipertensi, diabetes dan lain-lain). Penyebab campuran adalah kematian yang dikarenakan hal-hal yang bersifat kebetulan (kecelakaan). Pada kenyataanya penyebab kematian ibu hamil maupun persalinan itu banyak sekali. Selain medis adapula logistic, kegagalan sistem pelayanan kesehatan dan lain-lain.

Anemia dan penyebab langsung yang diperkirakan merupakan penyebab kematian lebih dari 80% kematian ada didunia. Anemia adalah istilah yang digunakan pada keadaan penurunan konsentrasi hemoglobin dalam darah sampai kadar dibawah 11 g/I untuk wanita hamil. Hb berfungsi untuk mengangkut oksigen kesemua bagian tubuh. Hemoglobin dibentuk karena adanya zat besi, asam folat, vitamin dan unsur mineral lainnya. Semua itu dapat berasal dari makanan, sayuran hijau dan makanan pokok seperti kentang dan ubi yang merupakan sumber terpenting dari asam folat, sementara gandum, daging dan sayur-sayuran sumber dari zat besi. 

Kesimpulan
Wanita hamil biasanyaa mengalami rasa mual yang hebat. Pada umumnya kesehatan ibu dan anak yang dikandungnya akan dipengaruhi olah kebiasaan makan serta nutrisi yang diakonsumsi oleh ibu yang sedang hamil tersebut. Banyak sekali larangan-larangan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan kandungannya. Selain itu banyak sekali gangguan-gangguan yang bisa dirasakan oleh wanita hamil seperti hipertensi, diabetes, dll.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PENDOKUMENTASIAN SOAPIER

KONSEP KEBIDANAN KOMPLEMENTER

GIZI PADA IBU NIFAS