PSIKOLOGI BAYI DAN ANAK

PERKEMBANGAN PSIKOLOGI PADA BAYI DAN ANAK
A. Perkembangan Psikologi Pada Bayi
Perkembangan psikologi bayi pada 2 tahun pertama setelah bayi lahir 2 minggu. Perkembangan bayi mencakup kemampuan perseptual, motorik (gerakan tubuh), kognitif dan keterampilan sosial. Perkembangan bayi kita tidak persis sesuai standar baku sepanjangg masih dalam batas-batas normal. Pertumbuhan dan perkembangan setiap bayi tentu tidak selalu seragam.

Beberapa tahap perkembangan bayi yaitu sebagai berikut 

1. Usia lahir hingga 1 bulan (0-1 bulan)
a. Mata belum bisa fokus, tetapi sudah belajar mengenali wajah dalam jarak dekat

b. Dapat menirukan beberapa hal : menjulurkan lidah atau membuka mulut

c. Secara inssting akan menuju ke arah susu anda dan membuka mulutnya

d. Memjamkan mata/bekedip saat ada cahaya yang kuat dan akan menutup matanya bila terlalu banyak cahaya yang masuk

e. Dalam periode 24 jam tidur 16 hinngga17 jam

f. Menangis berarati membutuhkan sesuatu (makanan, ganti popok, ketenangan dan belaian)


2. Usia 1 bulan
a. Gerakan dalam hal menggenggam dan mengayun masih bersifat refleks

b. Masih tidur lebih dari setengah hari

c. Senyuman pertama mungkin akan mucul di usia ini

d. Menangis lebih banyak terjadi saat usia 6 minggu


3. Usia 2 bulan
a. Mulai mengenali wajah-wajah yang berbeda

b. Dapat memegang benda dalam beberapa detik

c. Sudah mampu menoleh bila ada suara yang datang dari arah kiri atau kanan

d. Kadang menghentikan tangisnya sambil berharap anda menghampirinya dan memberri perhatian


4. Usia 4 bulan
a. Dapat berguling dengan tanpa bantuan

b. Memukul-mukul air dan menendang-nendang untuk kesenangan saat sedang dimandikan

c. Dapat mulai menahan kepala dengan tegak

d. Bisa mendengarkan musik

e. Mulai tumbuh gigi


5. Usia 5 bulan
a. Mengenali anggot-anggota keluarga dengan baik

b. Akan mencondongkan dada untuk mengambil benda yang jatuh

c. Mulia memegang benda, menggoyang-goyangkannya dan seringg mengekspolasinya dengan mulut


6. Usia 6 bulan
a. Ketika marah sudah bisa menenanggkan diri

b. Emosi secara keseluruhan akan muncul saat ini, mulai dari senang, sayang, dan peka terhadap humor hingga tidak sabar, takut dan tidak percaya

c. Kemungkinan bisa menambahkan beberapa konsonan pada saat mengoceh


7. Usia 7 bulan
a. Memulai dapat mengangkat tubuh untuk menuju kearah posisi berdiri

b. Dapat mengenali nama sendiri dalam rangkaian kata-kata yang kita ucapkan

c. Senang sekali pada situasi sosial dan kegirangan dengan ditandai melonjak-lonjak saat tahu saatnya untuk bermain


8. Usia 8 bulan
a. Dapat mengingatkan kejadian yang baru lewat

b. Mengerti bahwa mainan tidak hilang ketika disembunyikan, paham bahwa benda itu ada disuatu tempat tapi tidak harus tampak

c. Menangis karena tidak sabar


9. Usia 9 bulan
a. Belajar bertepuk tangan

b. Memahami beberapa kata-kata, walaupun tidak bisa mengungkapnya

c. Ingin bermain

d. Memahami ketinggian bahkan kadang-kadang takut dengan hal itu


10. Usia 10 bulan
a. Kadang bergoyang atau mellonjak-lonjak ketika mendengarkan musik

b. Menjadikan semua peralatan rumah tangga sebagai mainan

c. Takut terhadap tempat-tempat yangg aneh


11. Usia 11 bulan
a. Bisa membuat suara-suara yang lebih berarti, termasuk menirukan irama

b. Memahami kata jangan tetapi belum dapat meletakkannya dalam konteks yang berrbeda

c. Merambat sepanjang furniture rumah tanpa bimbingan anda


12. Usia 2 bulan
a. Akan menirukan tindakan-tindakan seperti berbicara di telepon, menyapu lantai, mendorong trolli belanja, memberi makanan bayi dan sebagainya

b. Menunjukkan kasih sayang dalam bentuk tersenyum, memeluk, mencium atau tepukan dipunggung

c. Memahami lebih banyak kata-kata yang kita ucapkan


B. PERKEMBANGAN PADA ANAK
Perkembangan kejiwaan pada anak terkadang disebut dengan masa anak kecil atau masa menjelang sekolah, sebab masa-masa ini saat anak senang mempersiapkan diri untuk sekolah

1. Perkembangan fisik

Pertumbuhan fisik pada masa ini lambat dan relatif seimbang. Peningkatan BB anak terjadi terutama karena bertambahnya ukuran sistem rangka, otot, dan ukuran beberapa orgaan tubuh lainnya

2. Perkembangan motori

Anak-anak terlihat lebih cepat dalam berlari dan pandai meloncat serta mampu menjaga keseimbangan badannya.

3. Perkembangan psikosial

Melalui proses pendidikan ini, anak belajar untuk bersaing (kompetitif), kooperatif dengan orang lain, saling memberi dan menerima, setia kawan dan belajar peraturan-peraturan yang berlaku

Pada tahap ini, anak dapat menghadapi dan menyelesaikan tugas atau perbuatan yang membuahkan hasil sehingga dunia psikosial anak menjadi semakin kompleks

4. Perkembangan kognitif

Dalam keadaan normal, pada periode ini piikiran anak berkembang secara berangsur-angsur. Jika pada periode sebelumnya daya pikir anak masih berrsifat imajinatif dan egosetris maka pada periode ini daya pikir anak sudah berkembang kearah yang lebih konkrit, rasional dan objektif. Daya ingatnya menjadi sangat kuat, sehingga anak benar-benar berada pada stadiun belajar



C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG ANAK
1. Faktor genetik

2. Faktor lingkungan

a. Faktor lingkungan pranatal : gizi ibu pada waktu hamil, stres

b. Fakktor lingkungan post natal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PENDOKUMENTASIAN SOAPIER

KONSEP KEBIDANAN KOMPLEMENTER

GIZI PADA IBU NIFAS